Wednesday 20 March 2013


Wajib Pajak Non Efektif (WP NE) adalah Wajib Pajak yang tidak melakukan pemenuhan kewajiban perpajakannya baik berupa pembayaran maupun penyampaian Surat Pemberitahuan Masa (SPT Masa) dan/atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, yang nantinya dapat diaktifkan kembali.
Silakan disimak dalam:

SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR : SE – 89/PJ/2009




Dalam hal Wajib Pajak memenuhi salah satu kriteria sebagaimana dimaksud pada angka 2, pengusulan WP NE dilakukan dengan cara melampirkan

    - Surat pernyataan sudah tidak lagi melakukan kegiatan usaha, bagi Wajib Pajak sebagaimana dimaksud.   
    - Fotokopi passpor dan kontrak kerja atau dokumen yang menyatakan bahwa Wajib Pajak berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan, bagi Wajib Pajak sebagaimana dimaksud. 

Contoh Surat Pernyataan:

 

Bandung, ……………………
No.      :
Lamp   : 1 (satu) Halaman
Hal       : Permohonan status menjadi Wajib Pajak Non Efektif

Kepada Yth.
Bapak Kepala Kantor Pelayanan Pajak
Pratama ………………………….
Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

            Nama               : Sugiri
            Jabatan            : Tukang Masak
            Perusahaan      :
            NPWP              :
            Alamat             :

Mengajukan permohonan sebagai Wajib Pajak Non Efektif sebagaimana ketentuan dimaksud pada Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-89/PJ/2009 tanggal 14 September2009 tentang Tata Cara Penanganan Wajib Pajak Non Efektif.

Kami mengajukan permohonan ini dikarenakan dalam jangka waktu 3 tahun berturut-turut secara nyata tidak melakukan kegiatan usaha sebagaimana dimaksud pada Point 2 huruf d Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-89/PJ/2009 tentang kreteria permohonan sebagai Wajib Pajak Non Efektif.

Sebagai lampiran permohonan ini, kami sertakan Surat Pernyataan sebagaimana lampiran II Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-89/PJ/2009.

Demikian permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


 
 

0 comments:

Post a Comment